BACAAN DOA AKHIR TAHUN LENGKAP (BAHASA ARAB & BAHASA INDONESIA)

DOA AKHIR TAHUN ISLAM LENGKAP

Akhir tahun dan awal tahun merupakan sebuah momen, dimana suatu penanggalan diakhiri dan dimulai kembali dengan tahun yang bertambah atau disebut sebagai tahun baru. Bahkan beberapa orang secara khusus membuat resolusi untuk memulai tahun baru. Manusia memiliki banyak jenis penanggalan, seperti penanggalan masehi, penanggalan hijriyah, penanggalan jawa, dan penanggalan penanggalan lain yang didasari perhitungan tertentu.

Penanggalan saat ini yang paling populer adalah penanggalan masehi, penanggalan ini digunakan sebagai penanggalan internasional dan berpatokan pada revolusi bumi terhadap matahari. Penanggalan dimulai dari tanggal 1 Januari dan diakhiri dengan tanggal 31 Desember. Sedangkan dalam islam memiliki penanggalan yang didasarkan pada revolusi bulan.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar doa awal tahun dan doa akhir tahun. Mulai dari Bacaan doa akhir tahun arab, bacaan doa akhir tahun latin, arti doa akhir tahun, bacaan doa awal tahun bahasa arab, bacaan doa awal tahun latin, arti doa awal tahun, keutamaan membaca doa akhir tahun dan doa awal tahun, tata cara membaca doa akhir tahun dan doa awal tahun, dll.

BACAAN DOA AKHIR TAHUN BAHASA ARAB
DOA AKHIR TAHUN DAN DOA AWAL TAHUN ISLAM LENGKAP

Penanggalan dalam islam ini merupakan patokan penanggalan bagi umat islam di seluruh dunia, selain itu penanggalan ini juga dijadikan patokan pelaksanaan momen momen penting dalam islam. Momen momen ini seperti hari raya Idul Fitri yang berlangsung pada tanggal 1 syawal, hari raya Idul Adha pada 10 dzulhujah dan sebagainya.

Semua metode penanggalan tersebut dilihat dari periode revolusi bulan, mulai dari bulan baru sampai bulan mati. Tak hanya hari raya, penanggalan ini juga berfungsi untuk menentukan akhir ataupun awal tahun. setiap akhir tahun, setiap umat muslim pasti memiliki harapan di tahun berikutnya agar menjadi lebih baik, salah satunya dengan memanjatkan doa akhir tahun dan awal tahun.

Walaupun doa akhir tahun dan awal tahun bukanlah merupakan sesuatu yang dianjurkan oleh Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun doa seperti ini bisa menunjukkan rasa syukur kita atas setiap pertambahan usia yang telah diberikan oleh Allah Subhanallahu wa ta’ala. Selain itu doa ini juga bisa sebagai perwujudan permohonan ampun atas segala dosa dosa kita.

Terdapat beberapa versi doa akhir tahun dan awal tahun yang tersebar di masyarakat. Beberapa doa diantaranya diamalkan oleh masyarakat dari pihak NU atau Nahdatul Ulama. Berikut merupakan doa Akhir tahun yang biasa dipanjatkan dan diambil dari kitab Maslak al Akhyar susunan Habib Usman bin Aqil bin Yahya:

اَلْحَمْدُ الِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ , وَصَاَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ دَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ , اَلَّلهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِي عَنْهُ فَمَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَاَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلَمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُو بَتِى اِلَي اتَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْاَتِىْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَاءِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَىْهِ الثَّوَابَ فَاَسْئَلُكَ اَلَّلهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَاذَاالْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِىْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِىِّ الْاُمِّىِّ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ


BACAAN DOA AKHIR TAHUN BAHASA LATIN

Nah berikut merupakan bacaan secara latin untuk doa akhir tahun bahasa arabadalah:

Alalhamdulillahirabbil ‘alaamiin wa shalallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa salam. Allahumma maa ‘amiltu fii haadzihis sanatilmimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu walam tardlahu walam tansahuu wahalimta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa ‘uquubatii wada’ antanii ilattaubati minhu ba’da juratii ‘alaa ma’shiyatika fainnii astaghfiruka faghfirli. Wamaa ‘amiltu fiihaa mimmaa tardlaa hu wawa’ adtanii ‘alaihits tsawaaba fa as alukallaahumma yaa kariimu yaa dzal jalaa li walikraami an tataqabbalaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam.

ARTI BACAAN DOA AKHIR TAHUN

Seperti halnya doa doa yang sering dipanjatkan. Doa akhir tahun berisi tentang rasa syukur atas apa yang telah dicapainya selama ini dan menyebutkan harapan harapan yang akan dilakukan saat memulai penanggalan baru. Berikut merupakan arti dari doa akhir tahun yang telah disebutkan diatas :

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala Puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan Mu,

Sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan Mu.

Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenaan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada Mu, wahai Dzat Yang maha Pemurah.

Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Amiin ya rabbal ‘alamiin.



Artikel ini telah diterbitkan di thegorbalsla.com dengan judul Bacaan Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Islam (Lengkap)

https://thegorbalsla.com/doa-akhir-tahun-dan-doa-awal-tahun/